3:38 PM
2

Daihatsu A-Concept

Meskipun peraturan dari pemerintah yang akan memayungi pasar mobil murah di Indonesia dalam regulasi Low Cost Green Car (LCGC)) belum juga turun hingga saat ini, namun beberapa pabrikan mobil sepertinya sudah sangat serius menyambutnya. Dan pasar mobil murah tidak lama lagi sepertinya akan segera dinikmati oleh para kosumen di Indonesia.  

Beberapa pemegang merek besar seperti Nissan, Toyota, Daihatsu dan Suzuki bahkan sudah siap dengan mobil-mobil murah mereka, selain beberapa pendatang baru yang juga tidak kalah antusias untuk turut ambil bagian didalamnya seperti pabrikan mobil Tata asal India.

Berikut beberapa pabrikan dan mobil yang dikabarkan akan meramaikan pasar mobil murah di Indonesia dengan harga dibawah Rp.100 jutaan:


Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Duet maut Toyota dan Daihatsu dalam Avanza-Xenia dan Rush-Terios sepertinya akan terulang dalam mobil murah mereka yang diprediksi akan hadir dengan nama Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang bodinya kemungkinan akan diadopsi dari Daihatsu A-Concept.


Nissan Datsun
Langsung melalui Chief Executive Officer-nya, Carlos Ghosn, Nissan Indonesia menyatakan akan melahirkan kembali merek Datsun yang sudah melegenda di dunia. Meskipun belum ada konfirmasi mengenai bagaimana desain dan harga mobil tersebut nantinya, namun Ghosn mengindikasikan bahwa Datsun akan dilahirkan sebagai mobil yang masuk kategori LCGC.


Suzuki A-Star
Meskipun pihak Suzuki menyatakan baru akan memperkenalkan mobil murahnya setelah regulasi LCGC keluar, namun diperkirahan mobil murah yang akan menjadi andalan mereka berbasis pada Susuki A-Star.

Pendatang baru yang juga akan ikut ambil bagian dalam pasar mobil murah di Indonesia adalah pabrikan mobil asal India, Tata, dengan Tata Nano sebagai andalannya. Tata Nano sendiri merupakan mobil yang selama ini telah populer dengan julukannya sebagai mobil termurah sejagad. Di negeri asalnya, harga tata nano hanya dibandrol pada kisaran angka Rp.20-40 jutaan saja.   

2 comments: