Sebagai sebuah merk mobil super sport, nama Pagani sudah tentu tidak asing lagi jika terlintas di telinga kita. Dengan iconnya Pagani Zonda dan Pagani Huayra, image mobil super sport mewah nan ekslusif sepertinya sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. 

Namun siapakah orang dibalik lahirnya mobil-mobil super sport nan mewah tersebut? Dialah Horacio Pagani, seorang insinyur mesin kelahiran 10 November 1955 di Casilda, Argentina. 

Horacio Pagani memang sejak kecil sudah menyenangi dunia desain, beranjak dewasa ia mengembangkan hobbynya tersebut dengan memilih jurusan teknik mesin sebagai jalur pendidikannya. Dan pada usia 20 tahun ia sudah mendisain konsep mobil balap dibawah naungan Renault.

Perjalanan Karir

Horacio Pagani, pada awalnya bekerja untuk produsen mobil sport asal Italy, Lamborghini. Kemudian pada tahun 1988, dia mulai mendirikan Pagani Composite Research. Sebuah perusahaan yang masih bekerja sama dengan Lamborghini, termasuk ikut serta dalam proses desain baru pada ulang tahun ke 25 Lamborghini Countach, Lamborghini Diablo, dan Lamborhini P140.  

Pengalamannya dengan Lamborghini tersebut akhirnya menumbuhkan minatnya untuk membangun desain mobil sport atas namanya sendiri, proyek pertamanya ia sebut "C8 Project". 

Konstruksi prototipenya ia mulai pada tahun 1992 dan hanya selang satu tahun tepatnya pada 1993 mobil yang ia desain sendiri di tes di Terowongan Angin Dallara dan menunjukan hasil yang positif.  


Akhirnya pada tahun 1994 Pagani Zonda lahir, mobil baru tersebut berkolaborasi dengan Mercedes-Benz yang menyuplai mesin V-12 kepada Pagani. Pagani Zonda pertama kali diperkenalkan kepada publik tahun 1999 di Geneva Motor Show.

Sejak saat itu Pagani mulai mendapatkan ruang khusus dihati para pecinta mobil super sport dan terus mengembangkan desain dan teknologinya hingga lahirlah Pagani Huayra. Mobil-mobil super sport Pagani mulai memasuki pasaran Amerika Serikat pada tahun 2007.


Tags : mobil sport, mobil baru, honda jazz, spesifikasi honda jazz, nissan juke, spesifikasi nissan juke

0 comments:

Post a Comment