Artikel Mobil Terbaru - Suzuki telah mengnformasikan kehadiran Ignis di Indonesia sejak jauh-jauh hari sebelum peluncuran resminya yang dilakukan pada 17 April 2017 lalu. Ignis diperkenalkan sebagai "spesies baru" yang hadir dikelas city car karena dipadukan juga dengan unsur mobil crossover, bahkan suzuki menyebutnya sebagai "mini SUV" ketimbang city car.

Bahkan, di ajang pameran otomotif nasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Ignis telah sukses memikat konsumen otomotif Indonesia dengan pesona yang dimilikinya.

Disamping itu, "mini SUV" milik Suzuki ini juga berani tampil beda dengan mengusung unsur retro yang dicomot dari city car Suzuki yang hadir di era tahun 70-an, Suzuki Cervo. Harga Suzuki Ignis sendiri dipasarkan di Indonesia pada rentang angka yang tidak terlampu jauh dari LCGC yaitu dibawah 200 Jutaan.

MesinUntuk memberikan tenaga yang setimpal dengan body yang diusungnya, Ignis dibekali dengn jantung berapasitas 1.200cc empat silinder berkode K12C dengan bahan bakar bensin. Dari jantungpacu yang dipikulnya tersebut, Ignis mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 81.8 dk/6.000rpm dengan torsi maksimal sebesar 113 Nm/4.000 rpm.

Dimensi
Jika dilihat secara kasat mata, Ignis memang terlihat lebih bongsor jika dibandingkan dengan sebuah city car dikelasnya. Adapun dimensi sebenarnya adalah (PxLxT) 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm dengan wheelbase 2.435 mm.

Review Singkat
Pada umumnya, mobil-mobil yang dipasarkan pada kisaran harga kurang dari Rp 200 juta hanya disisipi dengan fitur-fitur standar yang kurang memikat. Namun, berbeda dengan Suzuki yang melengkapi Ignis dengan fitur yang "lebih tinggi" dan lebih wah dari kelasnya. Sebut saja fitur-fitur untuk keselamatan, hiburan, bantuan berkendara hingga fitur aksesoris pada bagian eksterior dan interiornya cukup mampu memanjakan para peminatnya.

Pada sisi eksteriornya, Suzuki Ignis telah dilengkapi dengan lampu depan LED Projector plus Daytime Running Light (DRL) pada varian teratasnya. Pengaplikasian lampu LED ini disamping ditujukan untuk memaksimalkan pandangan pengemudi ke jalan gelap yang tengah dilaluinya juga karena usia pakai yang terbukti lebih awet dari lampu biasa. Dengan menggunakan proyektor pada lampu depan pun menjadikan sistem penerangan Ignis lebih bersahabat untuk pengendara lain yang datang dari arah berlawanan karena pancaran cahaya menjadi lebih fokus dan tidak menyilaukan. Kelebihan lain, sorotan head lamp LED ini pun dapat disetel ketinggiannya disesuaikan dengan jarak pandang si pengemudi.

Kerennya lagi, pengaplikasian lampu dengan teknologi LED ini bukan hanya pada bagian head lamp Ignis saja, namun juga disematkan sebagai high mount stop lights dan break lights pada bagian belakang. Pakai lampu LED, kombinasi lampu belakang Ignis jadi bisa terlihat lebih berkarakter.

Diklaim sebagai Urban SUV, Suzuki pun menghiasi Ignis dengan beberapa sentuhan yang sangat kental dengan sebuah kendaraan SUV. Diantaranya yang sangat kentara adalah fender garnish pada bagian atas lingkar roda lengkap dengan fender flare pada bagian front dan rear bumper garnish. Sisi lain, pada bagian atap Ignis pun terkesan sangat sorty dengan ditambahkannya roof rail alumunium yang kokoh.

Kesan SUV juga tampak sangat jelas terlihat pada mobil yang dapat dicicil Rp 1,5 jutaan ini yaitu pada ground clearance yang lebih tinggi dibanding sebuah city car.

Menuju bagian Interior, susunan desain futuristik dengan fitur-fitur modern yang umumnya hanya tampak pada mobil yang jauh lebih mahal pun terlihat sangat jelas. Misalnya, tombol AC guna mengatur suhu dalam ruangan di desain terpisah dari dashboard lengkap dengan menu digital. Head unit miliknya juga terpisah dari dashboard dan bisa mengakses radio, CD, USB MP3, WMA, sampai konektivitas bluletooth.

Dan untuk handle kemudi atau stir, telah dilengkapi juga dengan tombol yang sangat mudah dan nyaman untuk mengatur audio dan sistem multimedia. Ada tombol untuk menerima atau menolak panggilan telepon yang terhubung dengan bluetooth, juga tombol untuk mengatur informasi berkendara di Multi Information Display (MID) pada cluster meter. MID Ignis sangat lengkap karena juga bisa menampilkan indikator fungsi kendaraan seperti informasi baterai aki.
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment