Bugatti Veyron Super Sport

Bugatti Veyron Super Sport kehilangan mahkotanya sebagai mobil sport versi produksi tercepat di dunia setelah hampir tiga tahun dipegangnya. Sejak tahun 2010 Guinness World of Records (GWR) mencatat Veyron SS tidak ada tandingannya dalam hal kecepatan. Dengan rekor angka yang tercatat adalah 431.072 km/jam.

Bugatti Veyron Super Sport

Namun investigasi terbaru dari team GWR mendapatkan fakta bahwa terdapat perbedaan antara Veyron SS yang diuji dengan versi Veyron yang dipasarkan. Dengan kata lain, ada unsur “modifikasi” pada mobil yang digunakan dalam uji kecepatan tersebut, dan hal itu dianggap telah melanggar peraturan resmi pencatatan rekor sekaligus membatalkan rekor yang telah tercatat.

Penyebabnya adalah speed limiter. Pada Veyron SS yang diuji, speed limiter di mobil super cepat ini telah dinonaktifkan, sehingga angka 267.8 mph (431.072 km/jam) mampu terlampaui, namun pada versi Veyron yang dijual ke konsumen terdapat speed limiter (diaktifkan), sehingga kecepatan mobil ini hanya mampu mencatat angka 258 mph (415.21 km/h) saja.    

Lalu kepada siapa mahkota mobil tercepat versi produksi tersebut akan beralih? Yup, sepertinya Hennessey Venom GT adalah kandidat terkuat, setelah sebelumnya mengklaim telah menembus angka 265.7 mph (427.6 km/h) dalam sebuah uji kecepan yang dilakukan dengan mobil “standard” versi produksi mereka.

Hennessey Venom GT

.

0 comments:

Post a Comment