16 mobil sedan mewah bertenaga hybrid Fisker Karma yang terbakar setelah terendam banjir saat Badai Sandy menerjang ternyata dialami pula oleh mobil hybrid asal Jepang Toyota Prius. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak Karma, Prius yang terbakar tercatat hanya sebanyak 3 unit saja, namun hal tersebut menjadi sebuah pertanyaan besar dan menambah kekhawatiran publik terhadap tingkat keselamatan mobil-mobil hybrid.


Seperti kita ketahui, Karma dan Prius adalah produk yang dihasilkan oleh produsen ternama didunia, dimana standar keselamatan produk-produk mereka semestinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun atas kejadian ini, sepertinya pabrikan mobil yang memproduksi mobil hybrid perlu meningkatkan kembali standar keamanan dan keselamatan pada mobil-mobil hemat energi yang mereka miliki tersebut, tak peduli seberapa besar nama yang mereka miliki.
Atas kejadian ini pihak Fisker masih belum memberikan pernyataan resmi mengenai penyebab pasti terbakarnya 16 Fisker Karma yang mereka miliki, sementara pihak Toyota menyatakan bahwa air garam (air laut) yang merendam mobil-mobil mereka adalah penyebab utama terbakarnya Toyota Prius.

Menurut juru bicara Toyota, Cindy Knight, air garam yang merendam dan masuk kebagian dalam mobil adalah penyebab utama kerusakan Prius. Namun, ia tidak menjelaskan lebih rinci bagaimana air garam tersebut secara teknis kemudian dapat menyebabkan timbulnya api.
.

0 comments:

Post a Comment