Honda CR-Z merupakan salah satu mobil sport coupe bertenaga hybrid yang bisa dibilang termuda dari pabrikan mobil asal negeri matahari terbit tersebut. Lahir di tahun 2007 sebagai kendaraan konsep, CR-Z mulai memasuki proses produksi pada 3 tahun berikutnya, tepatnya di tahun 2010. Susunan kursi 2+2 dalam sebuah bodi hatchback 3 pintu menjadikan mobil sport ini tampil cukup menawan.


CR-Z sendiri adalah kependekan dari ‘Compact Renaissance Zero’, yang menurut pihak Honda hal tersebut menjelaskan kebangkitan sebuah compact car yang “sporty, sangat efisien dan murah".

Generasi awal CR-Z dibekali dengan mesin 1.5 L (92 cu in) i-VTEC SOHC inline-4, dikombinasikan dengan teknologi hybrid dari Honda yang disebut Integrated Motor Assist (IMA) dengan baterai Nickel Metal Hydride (Ni-MH). Transmisi standar yang digunakan adalah manual 6-percepatan dengan opsi continuously variable transmission (CVT). Total tenaga yang mampu dihasilkan oleh perpaduan teknologi tersebut sebesar 122 bhp (91 kW; 124 PS) dan mampu membawa CR-Z untuk sprint dari posisi diam menuju 60 mph (96 km/jam) dengan waktu terbaik 8.3 detik.

Kini, dalam usianya yang ke-5, mobil Honda CR-Z hadir kembali dengan segala sesuatu yang serba baru. Dua pilihan warna pada bodinya, ban terbaru serta tambahan LED pada lampu utamanya menjadikan wajah CR-Z terlihat semakin ‘fresh’.  Pada jantungnya, Honda mengganti baterai yang sebelumya menggunakan Ni-MH dengan  Li-Ion battery sehingga mampu menaikan tenaga yang dihasilkan, dari total 122 hp menjadi 130 hp.

 
.

0 comments:

Post a Comment