Kebijakan program mobil murah yang dicanangkan pemerintah RI dalam konsep LCGC (Low Cost and Green Car) memang belum hadir secara resmi. Namun beberapa pabrikan mobil yang ada di Indonesia sepertinya sangat antusias menyambutnya. Duo pabrikan mobil asal Jepang, Toyota – Daihatsu yang bernaung dalam wadah Astra bahkan telah terang-terangan memperkenalkan mobil murah mereka, Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla. Sedangkan pabrikan mobil lain seperti Nissan dan Suzuki sepertinya masih “malu-malu” untuk memperkenalkan mobil murah mereka.


Namun, Suzuki sepertinya sudah sangat siap untuk menghadang laju Agya dan Ayla. Seperti dikabarkan dari laman indianautosblog.com, Suzuki dibawah bendera Maruti Suzuki India diam-diam meluncurkan sebuah mobil murah dengan harga yang hanya berkisar antara Rp47,3 juta - Rp.68,4 juta, mobil tersebut adalah Suzuki Alto 800.

Mobil dengan kapasitas penumpang 5 orang dewasa ini memiliki desain bodi compact sebuah city car pada umumnya dan berada diantara perpaduan sebuah Suzuki Alto dan A-Star.

Berikut spesifikasi singkat Maruti Suzuki Alto 800 yang jika masuk ke Indonesia akan sangat “klop” masuk kedalam kategori mobil LCGC. Mesin yang tertanam dibawah kapnya adalah mesin bensin berkapasitas 769 cc, 3 silinder dengan output tenaga sebesar 48 PS dan torsi sebesar 69Nm. Adapun konsumsi bahan bakar Alto 800 menurut pihak Suzuki ini adalah sebesar 25,3 kpl.

Dimensi Alto 800, panjang x lebar x tinggi adalah 3395mm x 1490mm x 1475 mm dengan jarak antar sumbu roda sejauh 2360mm.

.

2 comments:

  1. Terima kasih sahabat atas kunjungannya dan selamat malam :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete