Eksistensi dan dominasi kendaraan low MPV Grup Astra Internasional melalui Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Melalui kedua produk kembar yang mereka persembahkan tersebut, Astra International mampu menjadi raja di pasar low MPV sejak pertama kali muncul pada tahun 2004 yang lalu. Dengan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya, Xenia-Avanza menjadi mobil idaman bagi setiap keluarga di Indonesia.

Low MPV bonnet (posisi mesin didepan kemudi) ini mampu merebut hati keluarga Indonesia karena selain harganya yang relatif “terjangkau”, juga karena kapasitas penumpangnya yang cukup besar dan luas, dapat mengangkut sebuah keluarga melalui 7 kursi yang tersedia.

Kini, setelah sewindu memangku tahta dikelas low MPV, xenia-avanza sepertinya mulai mendapatkan pesaing. Adalah Grup Indomobil yang mencoba memberikan perlawanan terhadap dominasi xenia-avanza. Melalui MPV teranyar mereka, Ertiga, Indomobil berharap setidaknya mampu merebut sedikit wilayah “kekuasan” yang saat ini hanya di “monopoli” xenia-avanza.

Lalu apa yang mampu ditawarkan Ertiga untuk dapat memberikan perlawanan terhadap Xenia-Avanza? Berikut perbandingan ketiganya secara umum.

Karakteristik dan Spesifikasi Xenia-Avanza

Menjelang usianya yang ke-8, Xenia dan Avanza hadir dengan wajah baru dalam All New Xenia dan All New Avanza. Melalui versi “all new” tersebut keduanya memberikan desain yang lebih elegan pada bagian eksterior dan lebih mewah pada desain interior.
Pada bagian mesin, All New Xenia menggunakan mesin 1.300 cc tipe K3-VE, VVTI dengan konsumsi BBM 12,6 km/liter dan kelas 1.000 cc yang mengusung mesin berteknologi EJ-VE, VVTI, dengan konsumsi BBM hanya 15km/ liter.
Sementara Toyota All New Avanza bermesin 1.300 cc dengan mesin sama tipe K3-VE, VVTI mampu menempuh jarak 12,6  kilometer per 1 liter bensin. Sementara untuk kelas 1.500 cc mampu menempuh jarak 12 kilometer / 1 liter bensin.

Melalui mesin yang digunakan sekarang, All New Xenia-Avanza diatas kertan memang lebih hemat BBM dari versi sebelumnya.

Harga yang ditawarkan untuk Xenia-Avanza dalam versi all new ini berada di kisaran angka Rp. 126,6 juta hingga 179,3 jutaan.

Karakteristik dan Spesifikasi Ertiga

Desain Eksterior Suzuki Ertiga yang modern dan elegan dianggap mampu memberikan daya saing yang cukup berarti terhadap All New Xenia dan Avanza yang juga memiliki tampilan dengan konsep yang sama. 

Ditambah dengan spesifikasi mesin bensin K-14 VVT 1.400 cc yang dipanggulnya (khusus di Indonesia) dan diklaim mampu menempuh jarak 16,02 kilometer per 1 liter, Ertiga di anggap cukup memiliki modal untuk melawan si kembar.

Harga Suzuki Ertiga pun ditawarkan pada angka yang relatif kompetitif, yaitu berada di kisaran Rp. 143 juta sampai Rp. 165 jutaan

Dengan demikian, berdasarkan tingkat konsumsi BBM Ertiga lebih unggul dibandingkan dengan All new Xenia dan Avanza, namun dari segi harga, All new Xenia berada dibawah Ertiga dan Avanza. So, pilihan Anda?

Info terkait:



Tags: suzuki ertiga, harga suzuki ertiga

1 comments:

  1. hallo gan, nice artikel kunjungin web ane ya info tentang
    promo suzuki jakarta thnx..

    ReplyDelete