Berikut merupakan kisah menarik dari Ferrari 512 Modulo, salah satu mobil konsep yang paling menakjubkan yang pernah dibangun oleh Ferrari. Desain mobil ini merupakan kontribusi eksklusif dari sang penciptanya Paolo Martin.

Meskipun baru dipublikasikan secara resmi didepan umum pada ajang Geneva Motor Show tahun 1970, namun Ferrari 512 Modulo telah mulai didesain sejak tahun 1968.



Mobil konsep ini memiliki body yang sangat rendah dengan atap bergaya kanopi dan dapat bergeser kedepan untuk memungkinkan sang pengendara masuk ke dalam kabin. Keempat rodanya hampir sepenuhnya tertutup dan pada bagian belakang bodinya terdapat 24 lubang sehingga memperlihatkan dengan jelas mesin V12 yang dipanggulnya.

Ferrari Modulo bukan hanya sekedar mobil konsep pajangan, namun dapat kendarai dengan normal meskipun body-nya memiliki keterbatasan untuk digunakan dijalan umum secara legal. 


Atas desainnya yang sangat mempesona, mobil konsep ini telah dipamerkan diseluruh kota besar di dunia, seperti Osaka, Montreal, New York dan menerima berbagai penghargaan atas desain futuristiknya.

Menurut sang desainer, Paolo Martin, ide untuk membangun mobil ini datang ketika ia sedang berada di dalam workshopnya. Saat itu ia seolah mendapatkan “ilham” untuk membuat sebuah mobil baru yang paling gila di dunia, unik, tiada banding dan memiliki konsep yang benar-benar berbeda. Kemudian seketika itu pula ia mulai menuangkannya kedalam bentuk sketsa.


Lalu atas kerjasamanya dengan Sergio Fininfarina, desain Ferrari 512 Modulo yang masih dalam bentuk sketsa akhirnya dapat terwujud menjadi sebuah model nyata. Membutuhkan waktu kurang lebih selama 3 tahun sebelum akhirnya sketsa dan model tersebut benar-benar menjadi sebuah mobil. 


Namun pada akhirnya, perjalanan panjang yang melelahkan dalam membangun Modulo terbayarkan ketika antusiasme dan pujian membajiri mobil konsep ini saat pertama kali di pajang di ajang Geneva Motor Show 1970.


0 comments:

Post a Comment