Dalam rangka menggalakan kampanye teknologi ramah lingkungan, pemerintah distrik Fangshan-Beijing mempelopori program Taxi Elektrik yang bekerjasama dengan produsen otomotif Chang’an Automobile Co. Ltd. Dikabarkan akan ada 100 mobil baru Chang’an E30 bertenaga listrik yang bakal diterjunkan untuk memulai program ini. Seperti dikutip dari laman carnewschina.com, taxi elektrik ini sudah terlihat dalam ajang “Clean Energy Expo” yang diselenggarakan pemerintah Beijing pada tanggal 23 Februari 2012 yang lalu.

Guna mendukung program ini, pemerintah Beijing sedianya akan menyiapkan sedikitnya 50 lokasi charger yang tersebar di seluruh distrik Fangshan.

Chang’an E30 sendiri dilengkapi dengan baterai lithium-ion dan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 85kw dan 280nm. Kecepatan maksimal yang dapat ditempuh 125 km/jam dengan akselerasi 0-100km/jam dalam waktu 12 detik. Jarak maksimal yang dapat ditempuh dengan baterai penuh sejauh 160 km. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh baterai selama 5 jam dengan menggunakan fast-charger dan 10 jam dengan tegangan 220v.

Selain ramah lingkungan, dengan menggunakan taxi elektrik ini pun lebih hemat biaya. Jika menggunakan taxi regular di kota Beijing, tarif awal sebesar 10 yuan kemudian ditambah 2 yuan untuk km selanjutnya, namun dengan taxi elektrik ini untuk tariff awal hanya sebesar 8 yuan disusul 1.5 yuan per-km.

Sebuah program yang sangat inspiratif dan patut ditiru. Sumber


0 comments:

Post a Comment