Grand new kijang innova merupakan generasi teranyar dari rangkaian panjang proses evolusi yang dialami oleh Toyota Kijang. Generasi pertama muncul pada pertengahan tahun 1977 (1977-1980). Saat itu Kijang muncul dalam bentuk pickup atau kendaraan niaga, yang kemunculannya memang disengaja guna menyaingi Mitsubishi colt pickup yang saat itu sedang berkuasa di Indonesia. Kemunculannya pun sempat diragukan dapat menyaingi dominasi Colt. Namun perjalanan waktu berkata lain, Kijang mampu menunjukan diri melalui keunggulan-keunggulannya sehingga dapat diterima oleh pasar.  


Harganya yang lebih kompetitif pun dipercaya menjadi salah satu keunggulun yang dimiliki oleh Kijang. Harga mobil baru yang mendapat julukan “Kijang kotak” ini dilepas diangka Rp 1,3 juta, lebih murah sekitar Rp 300 ribu dari pesaing utamanya Mitsubishi Colt pikap.


Generasi kedua Kijang muncul pada tahun 1981 hingga 1985. Dengan model yang lebih modern dari generasi pertamanya, Kijang generasi kedua ini tidak hanya menyediakan kendaraan niaga saja, tetapi juga telah menawarkan kendaraan penumpang.


Pada 1989 hingga 1997 generasi ketiga mobil ini menjadi salah satu kendaraan favorit keluarga di Indonesia dengan pilihan utama pada kijang Super dan Grand.


Perubahan yang sangat mencolok terjadi pada generasi keempat tahun 1997 hingga 2005, dimana bentuk kotak yang telah 10 tahun dipertahankan akhirnya berubah menjadi lebih Aerodinamis, yang kemudian mendapat julukan baru sebagai “Kijang Kapsul”. Dan pada tahun 2005 Kijang kapsul mengalami perubahan kembali kedalam bentuk yang lebih modern dalam Kijang Innova yang masih bertahan hingga saat ini.


0 comments:

Post a Comment