Intelligent Geely atau Geely IG merupakan konsep mobil hybrid yang telah diperkenalkan pabrikan mobil asal China – Geely sejak 2010 yang lalu. Mobil baru nan mungil ini rencananya akan diproduksi masal pada tahun 2012 dan diharapkan dapat dilepas ke pasaran pada 2013 mendatang.

Apa yang paling menarik dari mobil mungil nan lucu ini? Ya harganya. Menurut keterangan resmi dari pihak PT Geely Mobil Indonesia (GMI), harga mobil ini akan dilepas di Negara asalnya dengan bandrol hanya sebesar 10.000 yuan (Rp.13 jutaan) saja, dan jika sudah masuk ke Indonesia perkiraan harga tidak akan lebih dari Rp.25 jutaan.

Dengan harga tersebut pihak GMI telah mewanti-wanti bahwa mobil baru nan murah ini dipastikan tidak akan menjadi mobil yang murahan. Geely IG akan tetap mengedepankan keunggulan dan kualitas.

Untuk menjawabnya, mari kita tengok apa saja keunggulan yang dimiliki oleh mobil super murah ini.

Jika dilihat dari mobil konsep yang ditampilkan pada ajang Beijing Auto Show yang lalu, geely IG memang tidak seperti mobil murahan, body mungil yang dipadukan dengan desain pintu gullwing menjadikan mobil ini terlihat sangat furutistik.

Untuk urusan dapur pacu, pun tidak perlu diragukan lagi, dengan mengaplikasikan teknologi mobil hybrid, dimana sebuah mesin konvensional berkapasitas 998 cc yang dipadukan dengan sebuah motor listrik menjadikan mobil ini dapat melaju hingga kecepatan 150 km/jam.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin konvensionalnya hingga 52 kW pada 6.000 RPM dengan torsi mencapai 93 Nm pada 3.400-3.800 RPM. Sementara motor listrik yang digerakan oleh Iron Phosphate lithium-nya mampu menyemburkan tenaga hingga 60 kW pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi mencapai 180 Nm pada 6.000 RPM.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, sepertinya mobil hybrid Geely IG akan menjadi penantang berat mobil-mobil murah lainnya, khususnya bagi pabrikan mobil asal india yang telah terlebih dahulu muncul cengan tata nano-nya atau bajaj RE 60 yang juga akan meramaikan pasar mobil pada level yang sama tersebut.

0 comments:

Post a Comment